PT Kereta Api Indonesia adalah salah satu perusahaan BUMN (Badan Usaha Milik
Negara) yang bergerak dalam jasa angkutan kereta api yang meliputi angkutan
penumpang dan barang. Pada akhir Maret 2007, DPR mengesahkan revisi yang
menjelaskan investor swasta maupun pemerintah daerah diberi peluang untuk
mengelola jasa angkutan kereta api di Indonesia.
Pada tanggal 14 Agustus 2008
PT Kereta Api Indonesia melakukan pemisahan Divisi Jabotabek menjadi PT Kereta
Api Commuter Jabotabek (KCJ) untuk mengelola kereta api penglaju di daerah
Jakarta dan sekitarnya. selama tahun 2008 jumlah penumpang melebihi 197 juta.
Pada tanggal 28 September 2011, bertepatan dengan peringatan ulang tahunnya
yang ke-66, PT KAI meluncurkan logo baru, dengan loga baru tersebut PT KAI berharap
dapat memberikan semangat baru kepada pegawai PT KAI agar lebih berprestasi,
bertanggung jawab dan memberikan pelayanan yang terbaik untuk masyarakat
Indonesia khususnya penumpang kereta api di indonesia. dan masyarakat Indonesia
senantiasa lebih mengandalkan alat transportasi masal seperti kereta api dari
pada menggunakan kendaraan pribadi mereka.
PT Kereta Api Indonesia bertindak
konsisten sesuai dengan nilai-nilai kebijakan organisasi dan kode etik
perusahaan. Perusahaan memiliki pemahaman dan keinginan untuk menyesuaikan diri
dengan kebijakan dan etika tersebut dan bertindak secara konsisten walaupun
sulit untuk melakukannya. Adapun visi misi perusahaan digambarkan dalam simpol
korporasi yang dideskripsikan sebagai berikut :
- 3 Garis melengkung : melambangkan gerakan yang dinamis PT KAI dalam mencapai Visi dan Misinya.
- 2 Garis warna orange : melambangkan proses Pelayanan Prima (Kepuasan Pelanggan) yang ditujukan kepada pelanggan internal dan eksternal. Anak panah berwarna putih melambangkan Nilai Integritas, yang harus dimiliki insan PT KAI dalam mewujudkan Pelayanan Prima.
- 1 Garis lengkung berwarna biru : melambangkan semangat Inovasi yang harus dilakukan dalam memberikan nilai tambah ke stakeholders. (Inovasi dilakukan dengan semangat sinergi di semua bidang dan dimulai dari hal yang paling kecil sehingga dapat melesat.)
Dalam simbol tersebut memberi nilai
nilai yang menggambarkan visi dan misi PT KAI :
Visi
- Visi menjadi penyedia jasa perkeretaapian terbaik yang fokus pada pelayanan pelanggan dan memenuhi harapan stakeholders
Misi
- Misi menyelenggarakan bisnis perkeretaapian dan bisnis usaha penunjangnya, melalui praktek bisnis dan model organisasi terbaik untuk memberikan nilai tambah yang tinggi bagi stakeholders dan kelestarian lingkungan berdasarkan 4 pilar utama : Keselamatan, Ketepatan waktu, Pelayanan dan Kenyamanan.
Alamat kantor pusat :
PT Kereta Api Indonesia – KAI
(Persero)
Jl. Perintis Kemerdekaan No.1
Bandung – 40117
Jawa Barat
Telp : (022)4230031
Fax : (022)4203342
Jl. Perintis Kemerdekaan No.1
Bandung – 40117
Jawa Barat
Telp : (022)4230031
Fax : (022)4203342
Dalam mencapai dan mewujudkan tujuan
yang telah ditetapkan dalam visi dan misi perusahaan selanjutnya dalam bulan
Juli tahun 2016 ini PT Kereta Api Indonesia kembali membuka lowongan kerjaterbaru PT Kereta Api Indonesia
bagi para pencari kerja yang baru lulus ataupun yang telah memiliki pengalaman
kerja untuk mengisi jabatan pekerjaan dalam jabatan lowongan yang tertera
dibawah ini, bagi pencari kerja yang berminat harap memperhatikan dengan
seksama requirement atau persyaratan yang dibutuhkan pada setiap jabatan atau
dalam jabatan yang dibutuhkan demi memperlancar dalam proses rekrutmen tenaga
kerja. Adapun dibawah ini adalah dalam jabatan lowongan jabatan pada peluang
kali ini dibuka oleh pihak perusahaan dengan kualifikasi sebagai berikut.
Lowongan PT Kereta Api Indonesia Posisi :
PENGUMUMAN REKRUT EKSTERNAL TINGKAT D3/S1 TAHUN 2016
Formasi Tersedia :
Jenis pekerjaan/ Pendidikan
|
Pendidikan
|
Akreditasi Minimal
|
D3
|
Akuntansi
|
B
|
Desain interior
|
B
|
|
Desain komunikasi visual
|
B
|
|
Ilmu hukum
|
B
|
|
Kearsipan
|
B
|
|
Kesekretariatan
|
B
|
|
Manajemen/teknik informatika
|
B
|
|
Statistika
|
B
|
|
Teknik arsitektur
|
B
|
|
Teknik elektronika
|
B
|
|
Teknik kimia
|
B
|
|
Teknik sipil / konstruksi
sipil
|
B
|
|
Teknik telekomunikasi
|
B
|
|
D3 KONDEKTR
|
Semua jurusan
|
B
|
D3 MASINIS
|
Semua jurusan dan mempunyai ijazah
SMA IPA atau SMK Mesin/Otomotof/Listrik
|
B
|
S1
|
Akuntansi
|
A
|
Arkeologi
|
A
|
|
Desain komunikasi visual
|
A
|
|
Ilmu hukum
|
A
|
|
Ilmu komunikasi
|
A
|
|
Ilmu sejarah
|
A
|
|
Manajemen
|
A
|
|
Perhotelan
|
A
|
|
Sastra inggris
|
A
|
|
Statistika
|
A
|
|
Teknik arsitektur
|
A
|
|
Teknik elektro
|
A
|
|
Teknik informatika / sistem
informasi
|
A
|
|
Teknik lingkungan
|
A
|
|
Teknik sipil
|
A
|
Persyaratan Umum Pencari Kerja :
- Warga Negara Indonesia (WNI).
- Usia :
- S1 serendah-rendahnya 23 (dua puluh tiga) tahun, setinggi-tingginya 35 (tiga puluh lima) tahun per 1 juli 2016.
- D3 serendah-rendahnya 22 (dua puluh dua) tahun, setinggi-tingginya 30 (tiga puluh) tahun per 1 juli 2016.
- Memiliki ijazah dengan :
- Program studi tingkat S1 terakreditasi “A” pada saat tanggal kelulusan
- Program studi tingkat D3 terakreditasi minimal “B” pada saat tanggal kelulusan.
- IPK minimal 2,95.
- Tinggi badan 160 (seratus enam puluh) cm dengan berat badan ideal untuk pria dan 155 (seratus lima puluh lima) cm untuk wanita dengan berat badan seimbang/ideal, bagi formasi D3/S1.
- Tinggi badan pria 165 (seratus enam puluh lima) cm dan wanita minimal 160 (seratus enam puluh) cm dengan berat badan seimbang/ideal, bagi formasi D3 calon kondektur dan D3 calon masinis.
- Tidak ada ikatan kerja langsung dengan instansi lain.
- Bersedia ditempatkan di seluruh wilayah kerja perusahaan.
- Berkelakuan baik dengan dibuktikan dengan surat dari POLRI (SKCK).
- Sehat jasmani dan rohani serta tidak buta warna.
- Tidak pernah terlibat narkoba atau psikotropika.
- Khusus pria tidak bertindik.
- Tidak bertato.
- Apabila terdapat pelamar yang belum mendapatkan ijazah
maupun transkrip nilai, pelamar dapat membuktikan dengan surat keterangan
lulus (SKL) yang terdapat nilai IPK akhir dengan tetap memenuhi
persyaratan lainnya sebagaimana yang tercantum diatas.
(catatan : pada saat tanda tangan kontrak PKM ijazah/transkrip nilai asli harus ada)
Berkas Lamaran :
- Fotocopy ijazah D3/S1 yang dilegalisir.
- Fotocopy transkrip nilai D3/S1 yang dilegalisir.
- Melampirkan :
- Untuk jenis pekerjaan D3/S1 melampirkan akreditasi program studi dari BAN-PT pada saat tanggal kelulusan atau dari universitas yang dilegalisir.
- Untuk jenis pekerjaan kondektur melampirkan sertifikat akreditasi program studi dari BAN-PT pada saat tanggal kelulusan atau dari universitas yang dilegalisir serta TOEFL minimal 350 dan/atau IELTS nilai minimal 2.5 dan/atau TOEIC nilai minimal 350 serta ijazah SMA IPA
- Untuk jenis pekerjaan masinis melampirkan sertifikat akreditasi program studi dari BAN-PT pada saat tanggal kelulusan atau dari universitas yang dilegalisir serta ijazah SMA IPA atau SMK Mesin/Otomotif/Listrik.
- Fotocopy Kartu Tanda Penduduk (KTP) yang masih berlaku.
- Pas foto berwarna terbaru ukuran 4×6.
*Keterangan :
- Persyaratan 1 s/d 5 diupload melalui web rekrut.kereta-api.co.id dalam bentuk pdf dengan ukuran maksimal 2 mb / file
Tahapan Seleksi :
- Tahap I : Administrasi
- Tahap II : Kesehatan Awal
- Tahap III : Tes Psikologi
- Tahap IV : Wawancara
- Tahap V : Tes Kesehatan Akhir
Ketentuan Seleksi :
- Pelamar yang berhak mengikuti seleksi tahap selanjutnya sampai dengan akhir seleksi adalah pelamar yang dinyatakan lulus dalam setiap tahapan seleksi.
- Setiap pelaksanaan seleksi, pelamar wajib membawa kartu peserta.
- Dalam proses seleksi ini tidak dipungut biaya apapun dan dihimbau untuk mengabaikan pihak-pihak yang menjanjikan dapat membantu kelulusan.
- Dalam tahapan proses seleksi ini berlaku sistem gugur dan keputusan panitia tidak dapat diganggu gugat.
- Peserta seleksi yang tidak hadir pada waktu yang telah ditentukan, dianggap mengundurkan diri.
Tata Cara Pendaftaran :
Diharapkan bagi para pencari kerja
yang berminat dengan lowongan kerja PTKereta Api Indonesia terbaru
Juli 2016 diatas dan merasa memenuhi seluruh kebutuhan yang dipersyaratkan
untuk dapat segera melengkapi berkas lamaran kerja meliputi surat lamaran kerja
, CV dan berkas pelengkap lamaran kerja lainnya seperti yang
disebutkan diatas kemudian harap silahkan mengikuti tata cara pendaftaran yang
ditentukan oleh perusahaan yaitu via pendaftaran ONLINE
ke alamat :
Pendaftaran paling lambat pada : Senin,
18 Juli 2016 EXPIRED
Terbuka banyak lowongan kerja di
industri otomotif tahun 2016
Peluang kerja di perusahaan Migas PT
Chevron Indonesia terbaru 2016
Dibuka banyak lowongan pekerjaan di
Honda Otoparts tahun 2016
Peluang kerja di perusahaan Firma
nasional terbaru 2016
Lowongan kerja di perusahaan tambang
emas skala international tahun 2016
Perusahaan
industri mesin Internasional buka lowongan kerja baru tahun 2016
Sedikit Sejarah Kereta Api
ehadiran
kereta api di Indonesia ditandai dengan pencangkulan pertama pembangunan jalan
KA di desa Kemijen, Jum'at tanggal 17 Juni 1864 oleh Gubernur Jenderal Hindia
Belanda, Mr. L.A.J Baron Sloet van den Beele. Pembangunan diprakarsai oleh
Naamlooze Venootschap Nederlandsch Indische Spoorweg Maatschappij (NV. NISM)
yang dipimpin oleh Ir. J.P de Bordes dari Kemijen menuju desa Tanggung (26 Km)
dengan lebar sepur 1435 mm. Ruas jalan ini dibuka untuk angkutan umum pada hari
Sabtu, 10 Agustus 1867.
Keberhasilan
swasta, NV. NISM membangun jalan KA antara Kemijen - Tanggung, yang kemudian
pada tanggal 10 Februari 1870 dapat menghubungkan kota Semarang - Surakarta
(110 Km), akhirnya mendorong minat investor untuk membangun jalan KA di daerah
lainnya. Tidak mengherankan, kalau pertumbuhan panjang jalan rel antara 1864 -
1900 tumbuh de-ngan pesat. Kalau tahun 1867 baru 25 Km, tahun 1870 menjadi 110
Km, tahun 1880 mencapai 405 Km, tahun 1890 menjadi 1.427 Km dan pada tahun 1900
menjadi 3.338 Km.
Selain
di Jawa, pembangunan jalan KA juga dilakukan di Aceh (1874), Sumatera Utara
(1886), Sumatera Barat (1891), Sumatera Selatan (1914), bahkan tahun 1922 di
Sulawasi juga telah dibangun jalan KA sepanjang 47 Km antara Makasar-Takalar,
yang pengoperasiannya dilakukan tanggal 1 Juli 1923, sisanya Ujungpandang -
Maros belum sempat diselesaikan. Sedangkan di Kalimantan, meskipun belum sempat
dibangun, studi jalan KA Pontianak - Sambas (220 Km) sudah diselesaikan.
Demikian juga di pulau Bali dan Lombok, pernah dilakukan studi pembangunan
jalan KA.
Sampai
dengan tahun 1939, panjang jalan KA di Indonesia mencapai 6.811 Km. Tetapi,
pada tahun 1950 panjangnya berkurang menjadi 5.910 km, kurang Iebih 901 Km
raib, yang diperkirakan karena dibongkar semasa pendudukan Jepang dan diangkut
ke Burma untuk pembangunan jalan KA di sana.
Jenis
jalan rel KA di Indonesia semula dibedakan dengan lebar sepur 1.067 mm; 750 mm
(di Aceh) dan 600 mm di beberapa lintas cabang dan tram kota. Jalan rel yang
dibongkar semasa pendudukan Jepang (1942 - 1943) sepanjang 473 Km, sedangkan
jalan KA yang dibangun semasa pendudukan Jepang adalah 83 km antara Bayah -
Cikara dan 220 Km antara Muaro - Pekanbaru. Ironisnya, dengan teknologi yang
seadanya, jalan KA Muaro - Pekanbaru diprogramkan selesai pembangunannya selama
15 bulan yang mempekerjakan 27.500 orang, 25.000 diantaranya adalah Romusha.
Jalan yang melintasi rawa-rawa, perbukitan, serta sungai yang deras arusnya
ini, banyak menelan korban yang makamnya bertebaran sepanjang Muaro- Pekanbaru.
Setelah
kemerdekaan Indonesia diproklamir-kan pada tanggal 17 Agustus 1945, karyawan KA
yang tergabung dalam Angkatan Moeda Kereta Api (AMKA) mengambil alih kekuasa-an
perkeretaapian dari pihak Jepang. Peristiwa bersejarah tersebut terjadi pada
tanggal 28 September 1945. Pembacaan pernyataan sikap oleh Ismangil dan
sejumlah anggota AMKA lainnya, menegaskan bahwa mulai tanggal 28 September 1945
kekuasaan perkeretaapian berada di tangan bangsa Indonesia. Orang Jepang tidak
diperbolehkan campur tangan lagi urusan perkeretaapi-an di Indonesia. Inilah
yang melandasi ditetapkannya 28 September 1945 sebagai Hari Kereta Api di
Indonesia, serta dibentuknya Djawatan Kereta Api Republik Indonesia (DKARI).
Itulah sedikit berbagi tentang Info Lowongan Kerja PT Kereta Api Indonesia ini, semoga bermanfaat dan mendapatkan hasil yang maksimal.
0 Komentar untuk "Info Lowongan Kerja PT Kereta Api Indonesia Hari Ini"